14 Mar 2014

          Hai ! Selamat datang di Blog saya.Sebelumnya terimakasih sudah mau menyempatkan waktu untuk masuk blog ini dan  karena ini blog pribadi pertamaku dan tulisan pertamaku di blog , ijinin aku buat ngenalin diri aku secara pribadi . 


          Yosh! Nama! Namaku Fafa , kalian bisa panggil Fafa aja . Umurku baru-baru ini 17 tahun , karena aku lahir 6 Februari pada tahun 1997. Aku dilahirkan di keluarga yang cukup besar , beranggotakan 8 orang dengan 5 saudara kandung , aku memiliki tanggung jawab paling besar akan adik-adiku , yang artinya disini aku anak paling tua , anak sulung.  Mengenai tempat asal , aku lahir secara fakta di Wonosobo . tepatnya di Desa Sindupaten , Kecamatan Kertek. Tapi secara aktanya aku lahir di Kebumen .  Dan lagi tempat tinggal tetap keluarga kami sekarang di Magelang . Sedikit lucu memang , tapi itulah kenyataannya.

        
c'mon writing friend!?

         Dalam pendidikanku ,aku pernah sekolah di SD Kedungsari 4 Magelang  lalu dilanjutkan di SMP N 3 Mangelang , dan yang terakhir  aku bersekolah di SMK N 1 Magelang masuk ke jurusan TKJ ( Tenik Komputer dan Jaringan ) . Mengenai jurusan SMK , disini aku memutuskan untuk memilih Teknik Komputer ini . Meski sebelumnya agak sulit menentukan karena sebenarnya minatku cukup banyak di berbagai bidang , tapi mengingat juga tentang kesanggupanku akhirnya itulah yang kupilih .Bisa dibilang sekarang aku sudah kelas 2 SMA , tapi sekarang aku sudah tidak bersekolah lagi di SMK dan memutuskan untuk bersekolah secara mandiri , hal ini bisa disebut juga otodidak atau self-studier. Aku mulai berhenti  bersekolah formal setelah kenaikan kelas 1 SMA , jadi baru sekitar setengah tahun aku menjadi self-studier. Dari sini aku mulai belajar dengan sudut pandang yang berbeda sekali dari sebelumnya , awalnya memang sulit saat masa-masa transisi . Tapi perlahan-lahan aku bisa menyesuaikan . Dan menurutku belajar seperti ini lebih nyaman dibanding belajar di sekolah formal yang notabene sarat akan aturan dan larangan.

         Mengenai minatku tadi , Ya , ketertarikanku pada dunia teknologi . Sebenarnya dari kecil sangat senang sekali tentang perkembangan teknologi , melihat banyak inovasi-inovasi menakjubkan tentang modernisasi sungguh menyenangkan. Tapi aku benar-benar masuk pada minatku yang satu ini adalah ketika aku kelas 9 SMP , yangmana di SMKnya aku memilih jurusan yang berhubungan dengan teknologi juga.

          Dalam penjurusanku di bidang  teknologi , aku masih belum bisa menentukan . Dari berbagai macam bidang dalam Ilmu Teknologi ; Programmer, Designer,  Engineering  . Itupun pemetaannya masih banyak lagi . Awal aku mempelajari  IT aku belajar dari bidang Designer terlebih dahulu . Dari awalnya mengotak-atik Paint lalu belajar  Grafik Desain dengan software Photoshop dan Corel Draw . Meski aku memulai belajar IT dari kelas 9 , aku melakukannya sudah secara otodidak . Sekarang sebagian besar dari software design sudah aku kuasai , meski belum bisa dikatakan pro atau sudah master tapi sudah banyak yang aku kuasai dari situ. Nah , dari situ aku mulai mengembangkan ilmu IT di bidang design web . Dalam mempelajari design web , aku tidak terlalu kesulitan karena beberapa pengetahuan tentang coding sudah sedikit banyak kupelajari di SMK meski hanya 1 tahun . Sampai sekarang , aku belum memperluas lagi kemampuan-kemampuan IT yang lain , menurutku sih “ pelan tapi pasti saja “ .

          Dalam menjadi pembelajar mandiri , ada beberapa hal yang harus kita perhatikan . Secara pengalaman , masalah yang kutemui ada beberapa , tapi yang utama adalah dalam pembagian waktu dan progressif list , karena  dua hal itu sangat berhubungan . Dalam pembagian waktu , tidak seperti belajar di sekolah formal yang kepastian waktunya telah dibuat dalam peraturan yang bisa dikatakan mutlak meski kenyataannya tidak sepenuhnya benar . Disini kita benar-benar harus berfikir cerdas dalam pembagian waktu karena hal ini akan mempengaruhi yang kedua yaitu Progressif list . Progressif list kunamakan , merupakan pemetaan pencapaian ( mudahnya checklist kemampuan ) . Dalam belajar mandiri , karena fleksibelitas kita yang sangat leluasa , kadang membuat hal ini agak sulit rasanya . Penyesuaian yang luar biasa harus diupayakan dalam menjalani pembelajaran mandiri secara teratur dengan menepati checklist ini. Tapi jika kita bisa menjalaninya , itu berarti belajar yang kita lakukan akan benar-benar mengena.

          Sekarang aku akan menceritakan Minat-minatku yang lain dalam bidang Seni dan Olahraga . Dalam bidang seni . Aduh , apa yang bisa kukatakan dalam bidang ini :\ . Karena , aku tak punya jiwa seni dalam diriku . Tapi aku masih  mengharapkan bahwa itu salah , karena mungkin aku memiliki bakat seni terpendam jauh dalam diriku . Tapi benar  saja ! sejauh ini  tak ada sama sekali kemampuan seni yang kumiliki . Dari dulu dalam menggambar , melukis , bermain musik, dan menyanyi , ketika semua itu kulakukan , tidak ada satupun yang menonjol atau special . yaa , bisa dibilang biasa saja , itulah mengapa sejak dulu tak ada ketertarikan dariku untuk bidang ini . Tetapi , akhir-akhir ini aku berfikir , apa buruknya mempelajari hal itu . Sebenarnya aku adalah orang yang imajinatif , jadi bisa dibilang daya imajinasiku cukup tinggi . Dari keuntunganku belajar design grafis , aku bisa menyalurkan imajinasiku ini . Sekarang , seni yang bisa kukembangkan adalah seni dalam design menggambar menggunakan komputer . Inilah caraku yang walau seni secara nyata aku kurang begitu bisa , tapi dalam digital aku mampu untuk mengapresiasikan seni . dan inilah Seniku.
  
          Sekarang tentang Olahraga . Wuuih , olahraga ya? Asal kalian tahu , aku ini sangat menyukai olah raga . Mungkin kalian akan bertanya , Mengapa? Memang kebanyakan orang yang hidup di bidang IT tidak suka berolahraga . Entah itu benar , atau salah . Tapi menurutku , seperti yang kukatakan tentang minatku di bidang seni tadi , sebenarnya banyak orang yang menyukai IT itu berminat dengan yang namanya olahraga , tapi olahraga ini ternyata juga butuh yang namanya bakat . Aku disini diposisikan sebagai pencinta IT yang memiliki bakat Olahraga . Entah kenapa aku sangat suka dengan olahraga , waktu jaman-jaman sekolah dulu , aku salah satu yang paling bersemangat saat pelajaran olahraga . Aku suka sepak bola ,badminton , voli , tackraw ,basket , tenis meja , senam lantai , lari , jalan – jalan . Aku bisa melakukan semua olahraga itu berdasarkan trainingku dulu saat jadi anak kampung . Jadi , jangan salah kalau permainanku tersebut tidak terkonsep dan tidak normal , dalam artian normal sesuai petunjuk dan peraturan dalam permainan olahraga lho ya.

sepak bola          Aku bisa bermain sepakbola karena sudah terbiasa , dari kecil aku setiap hari bermain bola dengan teman-teman sebayaku . Dengan peraturan yang kita buat sendiri , kita bermain bola dengan sangat menyenangkan. Peraturan yang paling kukenang dan terkenang adalah peraturan dimana permainan bola yang kita lakukan adalah permainan bola dengan gawang kecil yang dibuat dengan lebar satu langkah , dan lagi ini langkah bocah lho! Bisa dibayangkan bukan . Gawang ini nantinya tidak akan dijaga kiper . Dengan tim yang dibagi antara 6-9 anak per tim kita bermain di lapangan buatan yang luasnya tidak lebih dari 1/6 luas lapangan sepak bola asli .  Kecil sekali bukan ? hahahaha . Tapi hebatnya , kami biasanya selesai dengan skor hingga belasan gol . Bisa dibayangkan ? Tapi , semakin kami dewasa . Kami sudah tidak memainkan permainan bola dengan peraturan ini lagi . Kami sudah bermain di lapangan yang besar .

          Kekuatan kami dalam bermain bola diuji ketika kami bermain bola di sawah . ini terjadi ketika musim panen yang dibarengi musim hujan . Semua sawah kosong setelah panen terendam air. Sungguh sangat menyenangkan sekali , kita bermain sepak bola dengan kaki yang berat penuh dengan lumpur , menendang  dan mengumpan kesana kemari meski banyak umpan yang tak sampai sasaran . dan lebih , mencetak goal . Ini hal yang nyaris mustahil . Jika bermain disini kita biasa selesai dengan skor 2 hingga 3 saja . Selesai bermain , kami pulang dengan tampang setelah perang habis-habisan . Sumpah, yang bikin aku penasaran adalah setiap kali aku pulang .

          Pulang ini biasanya setelah bel kampung dibunyikan ( speaker musola  kalau nggak tahu) . aku pulang berlumur lumpur , ngotorin rumah , masuk kamar mandi dan copot baju dan celana lalu masukin ke ember ( harap diingat bahwa ini kisah ketika umur 9 - 11 tahun-an ) mandi sampai bersih dan setelah itu kadang kadang langsung tidur . Entah sihir apa , paginya kotoran bekas di lantai kemarin hilang tanpa jejak dan pakaian di ember sudah dijemur bersih saja di depan rumah . Tapi yang salah adalah mantranya, mantranya dibaca setelah sihir dilakukan . Bagi yang ingin tahu bunyi mantranya gini ,” Fafa , kamu habis main kotor-kotoran baju kotor nggak kamu cuci sendiri , lantai kotor nggak kamu lap . Besok besok jangan ulangi lagi !” Ternyata itu ulah Ibuku . wkwkwk . Tapi , yang namanya ibu , ketika hal itu kuulangi terus pasti sihir aneh ini bekerja terus . hehe . Maaf Ibu , aku baru sadar sekarang . Y(‘v’)Y

          Sekarang aku akan cerita tentang Voli . Dulu kemampuan dalam bermain Voliku belum ada saat aku di kampung . Disana , aku hanya bisa menatap orang-orang dewasa memukul bola voli . Yang kusukai dari voli adalah , kita bermain bola yang kita pukul dengan tangan meski sangat cepat dan keras namun bisa tidak jatuh-jatuh . Itulah motivasi pertamaku , aku ingin menjatuhkan bola ini di Wilayah lawan , yeah!

bola voly
          Aku bisa bermain Voli sejak aku bersekolah di  SMP N 3 Magelang . Sekolah ini adalah sekolah yang dalam kejuaraan Voli tingkat SMP terbaik di Magelang . Mangkannya anak-anak yang sekolah disini pasti bisa Voli , karena ini adalah Olahraga utama disini. Jika ada yang tidak bisa Voli disini , itu memang karena sudah sangat tidak berbakat mungkin.  Di pelajaran olahraga , kemampuan Voli semua diajarkan , sehingga hampir semua anak di sini bisa bermain Voli . Asyiknya , karena semua bisa bermain Voli , kita bisa dengan nyaman bermain. Permainan kita sangat seru dan kompak. Yang paling ditunggu adalah ketika perdingan Antar Kelas dilaksanakan . Karena , dibidang Volilah yang paling ramai . Pasti setiap pertandingan akan seru jadinya . Pertandingannya cukup banyak karena ada 7 kelas di smp-ku ini , jadi dari kelas A sampai G . Jumlah kelas terbanyak yang ada di SMP negeri yang ada di Magelang . Dalam pertandinganpun , karena jumlah kelas yang banyak . Pada saat final , akan menyisakan kelas-kelas terkuat dan solid . Maka , pasti final Voli di SMP-ku ini paling ditunggu-tunggu . Sayangnya , dari selama tiga kali tiga angkatan sekolahku , baru satu kali aku ikut dalam pertandingan Voli ini. Sungguh sayang ,itu terjadi saat aku kelas 9. itupun tidak bermain penuh , jadi pemain pengganti . Karena dikelasku saat kelas 9 , banyak pemain Voli terbaik di sekolah ( bisa saya katakana pemain all-star dari kelas 7 -8 dulu berkumpul di kelasku ) . Dan karena ketebatasan fisik memang . Well , aku dulu pendek di kelas , terpendek kedua malah , makannya aku tidak diandalkan di Voli. Penyesalan.

           Sebelum-sebelumnya aku tidak bisa ikut pertandingan Voli karena aku harus mewakili kelas untuk pertandingan-pertandingan lain , yaitu Tackraw dan Tenis Meja . Tahu tackraw kan? Permainanya hampir sama dengan Voli namun kita disini menendang bola rotan ke daerah lawan yang dipisah dengan net sekitar 1,5 meter. Aku dipilih ikut takraw karena aku punya basic bermain bola yang lumayan , kata temanku. Dan juga , di sekolah aku ikut extra kulikuler takraw . Jadi di sekolah ini ada klub takraw juga lho . meski tidak diunggulkan , akupun senang bermain takraw.

          Pada awal kelas 7 , kita sebagai murid baru diminta untuk memilih klub ekstrakulikuler masing-masing. Nah , karena aku sadar basic sekolah ini adalah voli , aku ingin mencoba sesuatu yang lain , dan juga melihat posturku juga :D . aku lalu memilih yang namanya sepak takraw . Dulu , waktu di SD , aku juga telah sedikit mempelajari takraw .Karena penasaran , aku ikut Takraw di SMP . Tadinya , peminatnya lumayan , ada sekitar 30 anak yang ingin ikut takraw . Entah formalitas atau apa , karena waktu itu memilih Ekstrakulikuler itu adalah wajib. Tapi aku tidak mempermasalahkannya karena disini aku ikut secara sukarela.

          Beberapa bulan setelahnya ,anggota klub takraw ini entah kemana hilang satu-persatu. Jadi, prediksiku yang tadi itu benar , Formalitas . Jadi intinya hanya sekitar 6 anak yang masih bertahan. 2 diantaranya kadang berangkat kadang tidak . Jadi disitu  , aku menjadi salah satu tim inti Takraw Sekolah .
  
         Itulah alasan , bagaimana aku bisa mewakili kelas untuk pertandingan takraw . Untuk tenis meja , aku mewakili kelas juga sebagai wakil dari wakil .Jadi , ceritanya temanku yang paling keren dalam bermain tenis tidak bisa mewakili karena dia juga hebat dalam bermain Voli . Padahal , dia yang terhebat Volinya di sekolah . Tapi , ambisi kelas kami adalah memenangkan Voli . Jadi alternatifnya , karena dikelasku selain dia yang bisa tenis meja  , maka aku jadi utusan kelas . Aku ambil sisi positifnya saja , aku bisa mengetahui sejauh mana kemampuanku dalam bermain tenis meja di sekolah .

          Pernah saat bermain takraw , saat lomba antar kelas . Aku mengalami kecelakaan kecil . Waktu itu pertandingan perempat final , aku yang sebagai Center ( Pemain utama dalam takraw ) mencoba melakukan trick yaitu overheadkick ( salto ) tapi naasnya , karena tidak sempurna aku terjatuh dengan tangan kiriku yang menumpu pertama , krack ! tanganku nyaris patah , tapi syukur akhirnya karena hanya retak dan agak bengkok. Dari sini aku mulai berhati-hati dalam bermain takraw . Jika kita belum tahu ilmunya , jangan sok tahu . Itu pelajaran yang kuambil dari kejadian itu .

          Itu beberapa cerita tentang minat-minatku di bidang olahraga . Sebenarnya , masih banyak cerita-cerita lain yang menyenangkan . Tapi , mungkin sekian dulu saya bercerita . Kita sambung di lain waktu . Sekian .
          
          
     

             Terimakasih sekali telah menyempatkan membaca buah fikir dari anak ini . Jika ada kurang dari segi cerita , penulisan , atau ada suatu kritik akan tulisan ini , kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia meninggalkan komentar di bawah .


Damai dan Sejahtera Sahabat ! Salam sukses !! :D :D :D


         
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar :

Posting Komentar